Internal Audit Indonesia's

April 13, 2010

Tips Rahasia Wawancara Kerja dari Para Ahli

Filed under: Tips Seputar Wawancara Kerja — internalauditindonesia @ 9:20 am

Dalam wawancara , sudah pasti Anda akan dihujani berbagai pertanyaan oleh si pewawancara, dengan maksud untuk mengenal Anda lebih jauh. Banyak ahli percaya bahwa sebetulnya sukses dari sebuah wawancara kerja justru bergantung pada diri Anda sendiri. Mengapa? Karena pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara kepada seluruh calon pegawai pada dasarnya adalah sama, namun yang membedakan penilaian ialah jawaban dari masing-masing calon pegawai tersebut. Untuk itu, artikel ini merupakan artikel pertama yang akan mengupas tahap wawancara kerja dari kacamata Para Ahli (senior recruiter) – apa pandangan para Ahli kepada Anda. Sehingga dengan begitu, diharapkan Anda mampu ‘menyelami’ apa sebenarnya yang diinginkan/diharapkan para pewawancara dari Anda, calon pegawai baru. Berikut ini Tips rahasia tersebut:

1. Kreatifitas. “Bagi saya kreatifitas itu nomor satu. Selain itu, perlihatkan juga inisiatif, prestasi serta pencapaian apa yang telah Anda lakukan dan bagaimana cara Anda melakukannya.” (Jone Hurd, agen recruitment dari Los Angeles)

2. Luwes. “Jalin hubungan dengan orang yang memanggil Anda. Karena ini akan memberikan kesan bahwa Anda antusias dan sangat berminat pada pekerjaan yang ditawarkan. Anda bisa tanyakan apa saja yang perlu dibawa atau dokumen tambahan yang ia perlukan.” (Susan Major, agen recruitment di San Diego)

3. Berpikir Positif. “Jangan menjelek-jelekkan atas lama saat wawancara kerja. Hal ini membuat si pewawancara berpikir, jika Anda mengalami pengalaman buruk di perusahaan itu, apa yang terjadi di perusahaannya nanti?” (Phil Guigley, Bagian recruitment Yahoo!, California)

4. Bersikap Wajar. “Bersikap wajar saja. Jangan terlalu tinggi, juga jangan asal dengan mengatakan mau kerja apa saja, karena akan tampak punya pendirian. Ketahui kebutuhan perusahaan dan tawarkan kemampuan Anda. Pada umumnya perusahaan menerima karyawan karena 2 hal: untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan pekerjaan.” (Phil Guigley, Bagian recruitment Yahoo!, California)

5. Cepat beradaptasi (quick learner). “Orang yang terlihat mampu beradaptasi dalam lingkungan baru telah menunjukan kemampuan bekerja dengan tipe orang yang berbeda.” (Akihito “Kiko” Washington, VP SDM, Time Warner di New York)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: