Internal Audit Indonesia's

April 19, 2012

Tool Audit : E Procurement

Filed under: Artikel seputar Internal Audit — internalauditindonesia @ 12:00 am
Apa yang ada di pikiran saudara kalau mendengar kata “tender” atau “procurement”?
Akan ada 2 kemungkinan yang timbul, entah itu positif atau negatif.
– Positifnya  berkait dengan pengadaan barang, B2B, kepercayaan, kualitas, ketepatan waktu, pelayanan.
– Negatifnya berkait dengan “uang pelicin”, mark up bin penggelembungan,  kolusi, korupsi, nepotisme, tipu-tipu,  proyek basah.
Mungkin mayoritas orang akan berpikiran negatif apabila mendengar kata ” tender ” atau “procurement”. Kita tidak bisa membatasi seseorang untuk berpikiran mengenai hal diatas karena setiap orang memiliki sudut pandang masing2 dan sangat memungkinkan untuk berbeda sudut pandang.
Bagaimana sih caranya menciptakan tender atau procurement yang sehat dan transparan agar perusahaan yang membuka tender tak takut dibohongi dan ditipu, dan pemenang tender tak takut dicurigai?
Salah satu caranya sudah marak digunakan yaitu dengan  E-procurement .
Mungkin sebagian dari kita masih awam, bingung dan bertanya-tanya, apa sih E-procurement ? Benda asing macam apa pula itu? Apa yang bisa dihasilkan  alat itu?
Untuk menjawab pertanyaan2 dan rasa penasaran saudara, perkenankan saya untuk menjelaskan sedikit informasi yang saya ketahui mengenai E-procurement.
Bukan karena ingin keren-kerenan, sok high tech atau takut dibilang ketinggalan jaman, namun lebih kearah manfaat apa yang bisa diambil serta mempertimbangkan cost & benefit dalam mengaplikasikan E-procurement.
Aplikasi E-procurement terdiri dari :
1. E-announcement – memberikan sosialisasi atau pengumuman kepada pihak2 yang dituju mengenai aturan main secara online, terbuka dan transparan.
2. E-tenderring – dilakukan secara online, terbuka dan transparan dan proses pemilihan dilakukan oleh sistem.
Berikut adalah beberapa manfaat dari Eprocurement :
1. Dengan e-procurement proses tender menjadi lebih mudah.
Saat ini internet bukan lah sesuatu yang sulit dijangkau atau digunakan. Banyak sekali provider internet yang menyediakan jasanya bahkan ada yang dapat digunakan secara mobile (modem), selain itu banyak perangkat yang dapat menunjang internet seperti smartphone, laptop, tablet.
Sehingga peminat tender dapat dengan cepat mengisi dari manapun dan kapan pun sebelum batas penutupan tender berakhir. Bahkan, bisa jadi peserta tender datang dari mana saja, bukan hanya didominasi oleh pemain lama tetapi memberikan kesempatan kepada “pemain baru” yang masih cari nama dan pengalaman, namun punya komitmen dan tergolong profesional untuk turut serta.Peserta tender seperti ini biasanya pasang harga perkenalan alias competitive price. Berkemungkinan juga peserta tender datang dari luar negeri yang memiliki cabang baru di dalam negeri. Ya, semua kemungkinan itu bisa saja terjadi. Tender jadi mempermudah proses karena dilakukan secara online.
2. Manfaat kedua dari e-procurement adalah Efisiensi biaya atau Hemat biaya.
Peserta tender dan yang menawarkan tender tak perlu mengadakan pertemuan awal, meluangkan waktu dan energi. Tak ada lagi proposal awal, perjamuan, dan biaya lain bagi kedua belah pihak.
3. Manfaat ketiga adalah lebih transparannya proses tender.
Proses pengadaan barang dan jasa dapat dipercepat dengan layanan lelang berbasis internet ini.
4. Manfaat keempat, untuk mengurangi kebocoran sekaligus meningkatkan produktivitas kerja personil yang berkerja unit kerja ini. Ada baiknya bila e-procurement itu didesain berintegrasi dengan Internal Audit dan Divisi Risk Management, maka efektivitas pengawasan internal dapat dicapai secara maksimal.
Jadi, tak ada lagi proses tender dengan proses yang sejak awal diselesaikan secara adat : dibawah meja. Karena e-Procurement akan meningkatkan efisiensi, akuntabilitas dan transparansi.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: